AIR DIMANA-MANA

Pengejawantahan yang sempat tertunda

Senyawa April 3, 2011

Filed under: Senyawa — jingga @ 1:27 am

Telah disebutkan sebelumnya bahwa air tersusun dari oksigen dan hidrogen. Hal ini menunjukkan 2 unsur atau lebih dapat bergabung membentuk zat yang baru. Gabungan dari beberapa unsur membentuk senyawa. Air merupakan senyawa. Jadi, senyawa merupakan zat yang terdiri dari 2 unsur atau lebih yang bergabung melalui reaksi kimia.

Air tersusun dari oksigen dan hidrogen. Sifat air berbeda dengan sifat unsur-unsur penyusunnya. Air berwujud cair dan dapat digunakan untuk memadamkan api. Oksigen berwujud gas dan tidak berwarna. Hidrogen berwujud gas, tidak berwarna, dan mudah terbakar.

Air dibentuk oleh molekul-molekul air. Molekul adalah penyusun materi yang terdiri dari dua atom atau lebih. Pada molekul air terdapat satu atom oksigen (O) dan dua atom hidrogen (H). Karenanya, air mempunyai rumus kimia H2O.

Atom hidrogen yang menempel pada salah satu sisi atom oksigen menjadikan molekul air memiliki muatan positif, sedangkan atom oksigen menyebabkan molekul air bermuatan negatif. Karena muatan yang berlawanan akan saling tarik-menarik, maka molekul air cenderung saling tarik-menarik satu sama lain sehingga menjadikan air seperti lengket, berwujud cair pada suhu kamar.

Seperti terlihat pada gambar diatas, sisi atom oksigen (muatan negatif) dari satu molekul H2O menarik sisi atom hidrogen (muatan positif) dari satu molekul H2O yang lain. Molekul-molekul yang saling tarik-menarik ini menyebabkan air cenderung berkumpul bersama-sama.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s