AIR DIMANA-MANA

Pengejawantahan yang sempat tertunda

LARUTAN April 5, 2011

Filed under: Campuran,Larutan — jingga @ 10:07 am

Air garam tampak tidak berwarna dan tidak membentuk endapan, coba kamu rasakan air garam yang ada digelas bagian atas, tengah dan dasar gelas, bagaimana rasanya? Tentu semuanya asin bukan?

Air garam merupakan campuran homogen yang disebut juga larutan. Setiap larutan terdiri atas dua komponen, yaitu zat terlarut (solute) dan zat pelarut (solvent).  Biasanya komponen zat yang lebih sedikit dianggap sebagai zat terlarut dan komponen yang terbanyak disebut pelarut. Dari larutan air garam, sebutkan apa zat terlarut dan apa pelarutnya?.

Didalam larutan, zat terlarut tersebar dalam bentuk partikel-partikel yang sangat kecil sehingga tidak dapat diamati oleh mata bahkan dengan mikroskop ultra. Larutan cair pada umumnya transparan atau bening, larutan juga ada yang berwarna dan ada yang tidak berwarna.

Saat kita membuat larutan garam kita akan melarutkan garam kedalam air.  Garam mudah larut dalam air, jika garam terus ditambahkan pada air dengan volume yang tetap, pada suatu saat akan terdapat garam yang tidak larut lagi. Jadi dalam hal ini, air memiliki kapasitas tertentu dalam melarutkan suatu zat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s